Senin, 15 Februari 2016

Wajib Di Bawa Saat Umroh

Pakaian yang harus dibawa saat umroh

Bagi pembaca yang baru pertama kali umroh pasti merasakan kebingungan yang saya hadapi saat pertama kali ingin berangkat umroh, apa saja yang harus dibawa dan disiapkan. berikut hal-hal yang saya alami saat menjelang keberangkatan umroh akhir januari 2016.
1. Kejelasan Keberangkatan dari pihak travel, termasuk pesawat apa yang akan digunakan
2. Cari tahu suhu yang sedang berlangsung di Mekah dan Madinah serta negara lain yang akan dituju, sudah ada aplikasi accuweather yang bisa memprediksi suhu suatu tempat, berpatokanlah pada suhu terendah dan tertinggi. saat saya ke madinah dibulan januari, melihat prediksi suhu paling tinggi 22 derajat, terendah 6 derajat. ternyata yang saya alami 6 derajat sepanjang hari....brrrr dingin.
3. Kalau sudah tahu cuaca yang sedang berlangsung persiapkan Koper, sesuaikan bawaan dengan koper yang diberi pihak travel, biasanya terdiri dari Koper besar, tas jinjing dan tas slempang.
4. Isi Koper Besar (Wanita)
    - gulung atau satukan pakaian dengan plastik ziper, sesuai hari dan sudah lengkap dari pakaian dalem, kaos kaki sampai dengan kerudung (paling simple kerudung berbentuk bergo dan panjang menutupi tangan, mempermudah jika ingin sholat tanpa perlu pakai mukena), biasanya selama di madinah dan mekah saya hanya mengenakan mukena sebagai atasan dan gamis saja. jika ingin irit pakaian bisa dipakai berselang, pakaian hari pertama dipakai di hari ketiga tapi kalau pakaian dalam usahakan minimal satu hari satu kali ganti bahkan bisa dua kali, kalau musim panas mungkin mencuci baju sebagai pilihan alternatif tapi jika musim dingin jangan coba-coba karena susah kering. kalaupun bawa baju sedikit tidak usah khawatir baik mekah mapun madinah banyak penjual pakaian seharga 25 riyal-an. jika umrohnya 9 hari cukuplah bawa baju 5 pasang lengkap (termasuk baju putih atau hitam sebagai ihrom), paling simple gamis dan jangan lupa bawa leggingnya sebagai celana daleman, cukup 2-3 saja.
- mukena 2 buah, cukup satu yang pakai bawahan
- kaos kaki 7 pasang (termasuk kaos kaki tawaf), belilah kaos kaki yang tebal, jangan yang tipis
- 2 buah pakaian tidur (satu dipakai saat di madinah, satu di mekah)
- semua cairan diatas 100 ml
- gunting
- sendal
- sabun
Isi Tas Jinjing (koper kabin)
- baju (ihrom) lengkap 1 stel
- Handuk Kecil
- Obat-obatan/vitamin/cairan obat gosok (semua kurang dari 100 ml)
- Sikat gigi dan odol (dibawah 100 ml)
- masker (beli 1 pak, masker standard putih biru atau bisa juga masker kain) taruh beberapa lembar saja di tas jinjing sisanya di koper
- sarung tangan
- tisyue basah dan kering
- Vitamin E, Vaseline dan cream 21 (kurang dari 100 ml), saya dan suami cukup selama 9 hari, dipakai setiap saat kecuali sesudah miqot, kalau sudah di mekah dan madinah ini di taro di tas selempang
Tas Selempang
- Pasport, buku doa, kertas doa, Al-Qur'an, bolpoint, plastik untuk menaruh sendal,

Untuk kaos dalam doraemon, kalau saya tidak terlalu penting karena saya tidak membawa uang cash yang banyak, disanapun banyak terdapat atm baik mekah dan madinah. saya hanya menaruh uang di kantong baju saja. intinya banyak-banyak berserah dan bersedekah, sedekahkan uang anda pada pekerja masjid, penyapu jalan, saya rasa lebih bermanfaat.


-




















Mencoba lebih baik

Tidak ada komentar: